Di dalam bis ada Pramugari? Emang ada?
Apa yang terlintas dalam benak teman - teman dengan kata pramugari? Pasti akan berfikir itu adalah awak kabin pesawat terbang. Nah sekarang tidak lagi, Salah satu Po yaitu Po Efisiensi juga memiliki awak kabin bus yaitu seorang pramugari. Apa tugas pramugari di dalam bis patas Po Efisiensi?, Nah Baca artikel berikut ini.

Pramugari
Efisiensi. Jika pada umumnya bus memiliki kondektur pria, tapi Bus
Patas AKAP Efisiensi memilih wanita sebagai awak pendamping sopir selama
perjalanan.
Oleh karena itu para “pramugari” di dalam bus patas Efiesiensi ini menjadi hal yang baru, unik sekaligus langka di Indonesia.
Efisiensi adalah perusahaan otobus yang melayani perjalanan patas dan
eksekutif jarak jauh antar kota antar provinsi (AKAP) tujuan
Yogyakarta-Purwokerto-Purbalingga dan Yogyakarta-Cilacap serta arah
sebaliknya.
Efisiensi
menjadi primadona di jalur selatan Jawa Tengah dan DIY karena
pelayanannya yang maksimal. Selain memiliki terminal dan rest area
sendiri yang nyaman, armadanya pun manis dan tersedia setiap 30 menit
sekali. Efisiensi juga menyediakan mobil pengantar gratis bagi penumpang
tujuan bandara, Malioboro dan sejumlah tempat di dalam kota Yogyakarta.

Salah satu armada bus patas Efisiensi
Bus Patas Efisiensi memiliki rest area sendiri yang sekaligus menjadi terminalnya.
Tapi yang paling istimewa sekaligus unik adalah hadirnya kondektur wanita sebagai awak pendamping sopir selama perjalanan. Jika
kondektur bus pada umumnya seorang pria, Efisiensi justru memilih
wanita sebagai kondektur yang ditempatkan di sejumlah armadanya. Jadilah
banyak bus Efisiensi memiliki pramugari layaknya pesawat terbang.
Penampilan
kondektur wanita bus Efisiensi juga anggun dengan seragam Efisiensi
berwarna cerah. Layaknya pramugari, mereka bertugas melayani kenyamanan
penumpang selama perjalanan seperti memeriksa AC di setiap kursi dan
membagikan minum kepada setiap penumpang.
Pramugari bus Efisiensi juga memeriksa tiket dan memberikan arahan
perjalanan kepada penumpang yang membutuhkan informasi. Di awal
perjalanan ia akan memutarkan video tentang prosedur keselamatan bus.
Pramugari Efisiensi memutar video prosedur keselamatan perjalanan sesaat bus mulai melaju.
Selama perjalanan Pramugari Efisiensi duduk di samping sopir.

Pramugari Efisiensi memberikan pengumuman sesaat akan memasuki rest area.
Selama
perjalanan kondektur wanita ini duduk di kursi depan di samping sopir.
Sesekali ia berjalan menyisir kabin sambil mengingatkan tujuan dan
tempat turunnya penumpang. Ketika akan memasuki rest area,
ia akan memberikan pengumuman sambil berdiri di tengah-tengah kabin
atau menggunakan pengeras suara tentang lama bus berhenti dan apa yang
bisa dilakukan penumpang selama di rest area.
Dalam
sehari pramugari ini menempuh perjalanan pulang pergi sesuai jadwal
bus. Itu berarti ia bertugas dalam perjalanan sejauh 400-500 km dengan
total waktu tempuh selama 10 jam bahkan lebih jika macet. Sebuah jarak
yang cukup jauh untuk seorang awak bus wanita.
Layaknya kondektur pria, Pramugari Efisiensi juga bertugas membuka bagasi barang penumpang.
Dalam perjalanan Pramugari Efisiensi akan mengingatkan tujuan dan tempat turun penumpang.
Pramugari Efisiensi memastikan semua penumpang kembali ke dalam bus setelah beristirahat di rest area.
Meski
seorang wanita, para pramugari Efisiensi itu ternyata bisa menjalankan
peran yang biasa dijalankan kondektur pria seperti membuka bagasi bus
dan memandu sopir jika bus hendak berputar arah, berbelok atau
menyeberang jalan.
Para pramugari tersebut juga gesit saat penumpang turun di tengah
perjalanan. Dalam keramaian lalu lintas ia akan membuka pintu dan
membuka bagasi di samping bus untuk mengeluarkan barang bawaan
penumpang. Di rest area pramugari itu akan berdiri di samping pintu
sampai seluruh penumpangnya turun atau naik kembali. Benar-benar pemandu
perjalanan yang fungsional.

Pramugari Efisiensi memeriksa tiket dan menanyakan lokasi penumpang akan turun.
Sebuah “terobosan emansipasi” tak biasa telah dilakukan PO Efisiensi. Di
Indonesia boleh jadi inilah satu-satunya bus patas AKAP yang memiliki
kondektur wanita reguler dengan layanan rapi ala pramugari. Tak hanya unik, kondektur wanita bus Efisiensi juga menambah kesan manis selama perjalanan. Pramugari-pramugari ini membuat perjalanan semakin nyaman.
Nah Bagaimana? Pelayanan Bis tak kalahkan dengan pelayanan pesawat? mau beralih untuk mencoba transportasi darat/bis? silahkan.
Sekian dulu semoga menambah wawasan teman - teman semua di dunia transportasi darat.
trimakasih.
news from : http://unik.kompasiana.com








0 comments:
Post a Comment